Ini Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha


Jika Anda ingin mengerjakan shalat dhuha ini ada baiknya sekitar jam 08.,00 – 10,00 pagi.


BERITA TRENDING - Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang dikerjakan minimal dua Raka’at dan bisa dikerjakan maksimal 12 Raka’at yang masing – masing dua Raka’atnya diakhiri dengan satu salam. Berikut ini salah satu sabda Nabi Muhammad SAW mengenai shalat sunnah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.

"Shalat Dhuha dapat mendatangkan suatu rezeki dan menolak kekafiran, dan tidak ada yang akan memelihara Shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat".


Waktu shalat dhuha sendiri bisa dikerjakan saat matahari sedang terbit atau tepatnya sekitar pukul 07.00 pagi sampai masuk waktu shalat shuhur lebih tepatnya kurang dari jam 12.00 siang. Sehingga jika Anda ingin mengerjakan shalat dhuha ini ada baiknya sekitar jam 08.,00 – 10,00 pagi.

Keutamaan shalat dhuha sendiri ialah untuk memperlancarkan, melapangkan dan mempermudahkan suatu rezeki, menghapus dosa- dosa, mendapatkan pahala shalat sunnah dan masih banyak lagi. Rasul tentu saja sudah menerangkan bagaimana cara melaksanakan shalat Dhuha.

1. Berniat.
2. Takbiratul Ihram.
3. Membaca doa Iftitah.
4. Membaca surat al Fatihah.
5. Membaca satu surat didalam Al-Quran.
6. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali.
7. I’tidal dan membaca bacaannya.
8. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
9. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya
10. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
11. Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara di atas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Do’a setelah Shalat Dhuha

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN. 

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

TERIMA KASIH Sudah Membaca dan Membagikan. Silahkan Masukkan Email Anda untuk Berlangganan Secara Gratis di Bawah Ini dan Tekan Tombol Subscribe

0 Response to " Ini Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha"

Post a Comment